Mencengangkan!!! Ternyata Kebiasaan ini dapat merusak otak






Otak, salah satu bagian terpenting dari tubuh manusia yang merupakan organ vital yang berfungsi sebagai  pengatur dan pengkoodinir sebagian besar dari gerakan, perilaku dan fungsi tubuh, homeostasis seperti detak jantung, keseimbangan cairan, tekanan darah, suhu tubuh dan keseimbangan cairan tubuh. Selain itu otak juga berperan dalam pengenalan , ingatan, emosi , pembelajaran motorik  dan semua sistem pembelajaran lainnya.

Otak memiliki 100 miiliar lebih sistem saraf yang masing masing terhubung dengan 10 ribu saraf lainnya. Otak adalah bagian tubuh terpenting yang di miliki manusia, fungsi dan kinerja otak sebagai penunjang kehidupan manusia tentunya harus kita rawat dan kita  jaga agar tetap sehat . Dan ternyata lewat kebiasaan  ada dampak buruk yang dapat merusak otak dan tentunya harus kita hindari.

Terbiasa tidak sarapan 
                                           
Bagi kalian yang terbiasa tidak sarapan akan memiliki kadar gula darah yang rendah. Hal tersebut akan memicu kurangnya nutrisi bagi otak, padahal otak kita membutuhkan nutrisi yang cukup agar dapat tetap bekerja dengan baik. Akibat yang di timbulkan akibat tidak sarapan dapat mengurangi asupan nutrisi terutama gulkosa yang lama – kelamaan dapat akan menurukan kemampuan otak . 

Merokok

Merokok membunuhmu , jika kalian merokok segera tinggalkanlah kebiasaan banyak sekali meneimbulkan dampak buruk bagi kesehatan kita. Salah satu bagian manusia  yang terkena bahaya rokok yaitu otak, kebisaan merokok ini dapat membuat otak kita menyusut dan akan memicu penyakit pikun atau Alzheimer. Sel – sel saraf dalam otak pada bagian hippocampus dan korteks depan yang berguna untkuk menyimpan ingatan.

Terlalu banyak makan

Kebiasaan makan berlebih apalagi tanpa memerhatikan niliai gizi bisa mengurangi kinerja dari otak. Hal ini juga bisa mengakibatkan kondisi yang berkaitan dengan otak seperti volume otak rendah dan demensia.

Mengonsumsi gula berlebih

Gula memang baik bagi tubuh, ‘’tapi’’ mengonsumsi gula berebih dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh kita salah satunya otak. Mengonsumsi gula berlebih dapat  mengganggu proses penyerapan protein dan nutrisi sehingga dampak kepada tubuh akan menglami kekurangan gizi (malnutrisi) sehingga berdapak pada perkembangan dan fungsi otak.

Telepon seluler

Medan elektromagnetik yang terdapat pada telepom seluler dapat memancarkan radiasi yang sangat berbahaya bagi manusia. Radiasi tersebut bisa menyebabkan sakit kepala, tumor otak dan kanker. Hal tersebut telah ditegaskan dalam penelitian  The Potential Impact of Mobile Phone On Tren In Brain CNS 
Tumors. Ketika sedang menelpon, saat menyambungkan sebaiknya jauhkan ponsel dari telinga untuk menghindari radiasi yang lebih kuat.

Menutup kepala saat tidur

Ketika kamu menutup kepala saat tidur dengan menggunakan tangan maupun bantal, akan terjadi penumpikan oksigen dan karbon dioksida berada di sekitar kepala. Jika kedua gas terkonsentrasi pada satu arah, menghirupnya dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

Jarang berbicara

Sering bercakap dengan seseorang akan terus mengaktifkan sel – sel dalam otak, terutama intelektual, sebaliknya orang yang terbisa diam akan membiarkan sel – sel otaknya mati dengan perlahan karena tidak pernah diaktifkan.


Otak merupakan karunia yang sangat luar biasa yang telah Tuhan berikan kepada manusia. Tanpa otak mungkin manusia akan menjadi seperti binatang buas, maka dari itu kita sebagai manusia seharusnya bersykurkur kepada Tuhan dengan cara menjaga, merawat dan meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat membuat hidup kita sengsara.
         

Komentar

Postingan Populer